Pages

Tuesday, August 26, 2008

Inter Milan Vs AS Roma : 6(2) - 5(2)

Milan - Setelah melakoni duel panjang selama 120 menit pada kedudukan 2-2, plus drama adu penalti tujuh kali tendangan, Inter akhirnya keluar sebagai juara Piala Super Italia dengan mengungguli AS Roma.

Kemenangan Inter itu membalas kegagalan mereka tahun lalu setelah di event dan stadion yang sama takluk 0-1 dari Roma.

Dengan hasil ini, Inter pun mengoleksi gelar Piala Super Italia keempat mereka. Titel tersebut juga menjadi yang ketiga dalam empat tahun terakhir, sekaligus menjadi debut manis bagi Jose Mourinho sebagai allenatore Inter.

Duel kedua tim di Giuseppe Meazza, Senin (25/8/2008) dinihari WIB ini diawali dengan aksi mengheningkan cipta selama satu menit, sebagai bentuk penghormatan kepada presiden Roma Franco Sensi yang meninggal beberapa waktu lalu.

Jalannya Pertandingan

Setelah kick off dimulai, kedua tim langsung bergantian melakukan serangan. Peluang pertama didapat Roma lewat tendangan Mirko Vucinic di menit keempat yang masih menyamping dari gawang Julio Cesar. Zlatan Ibrahimovic juga ganti mengancam gawang Cristian Doni dua menit kemudian lewat sepakannya, yang juga masih jauh dari sasaran.

Usaha Inter baru menuai hasil memasuki menit ke-18. Sulley Ali Muntari menjadi pencetak gol bagi Nerazzurri dengan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti, memanfaatkan bola liar di depan gawang Doni.

Satu gol itu semakin melecut semangat tim besutan Jose Mourinho untuk memperbesar keunggulan. Kesempatan pun muncul di menit 37, via crossing Maicon. Akan tetapi Luis Figo, pemain yang menyambut bola tersebut dengan kepalanya, gagal mengarahkan bola ke gawang Roma.

Memasuki babak kedua, Inter masih menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang pun kembali tercipta, antara lain tendangan Ibrahimovic dari luar kotak penalti di menit 51 dan drive keras Javier Zanetti di menit 56. Keduanya belum menemui hasil sesuai harapan.

Sementara Roma, meski kerap dipaksa bertahan, namun tetap bisa membuka peluang untuk mencetak gol. Bahkan salah satu di antaranya menghasilkan.

Tepat satu jam pertandingan berjalan, Daniel De Rossi sukses menggetarkan jala Julio Cesar lewat tendangan jarak jauh yang sedikit berbau spekulasi. Skor pun kembali berimbang 1-1.

Namun Inter kembali dalam posisi memimpin sesaat sebelum pertandingan rampung. Mario Balotelli yang masuk menggantikan Luis Figo di paruh babak kedua berhasil melesakkan bola ke gawang Doni di menit 83 setelah sebelumnya lolos dari jebakan offside lini belakang AS Roma.

Malang bagi Inter, keunggulan tersebut tidak bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Mirko Vucinic berhasil mencuri gol lewat sundulan kepalanya, memaksimalkan umpan David Pizzaro di menit-menit akhir pertandingan. Alhasil, kedua tim pun harus bertarung di babak tambahan waktu.

Di sini, Inter lebih banyak membuka peluang. Balotelli setidaknya dua kali memberikan ancaman, satu lewat tandukan, dan satunya lagi via tendangan keras. Akan tetapi Doni tampil solid di bawah mistar gawang AS Roma dengan mementahkan semua kesempatan itu.

Siapa yang jadi juara pun akhirnya harus ditentukan lewat adu penalti. Dari tujuh penendang AS Roma yang ambil bagian, dua di antaranya gagal menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu Francesco Totti dan Juan. Sementara di kubu Inter, hanya Dejan Stankovic yang sedikit alpa. Sukses Javier Zanetti melesakkan bola ke gawang Doni dalam adu tendangan 12 pas itupun menjadi penentu sukses Inter meraih tropi juara Piala Super Italia ini.

Rangkuman Pertandingan
Gol:
Inter 2 (Sulley Ali Muntari 19, Mario Balotelli 83)
Roma 2 (Danielle de Rossi 60, Mirko Vucinic 90)

Adu Penalti
1-0 Vucinic (gol)
1-1 Ibrahimovic (gol)
2-1 Baptista (gol)
2-2 Balotelli (gol)
3-2 Cassetti (gol)
3-2 Stankovic (tidak gol, kena mistar gawang)
4-2 De Rossi (gol)
4-3 Maxwell (gol)
4-3 Totti (tidak gol, kena mistar gawang)
4-4 Cambiasso (gol)
5-4 Pizarro (gol)
5-5 Jimenez (gol)
5-5 Juan (tidak gol, ditepis)
5-6 Zanetti (gol)

Susunan Pemain:
Inter: Julio Cesar, Maicon, Burdisso (Rivas 89), Cambiasso, Maxwell, Zanetti, Stankovic, Muntari, Figo (Balotelli 66), Mancini (Jimenez 71), Ibrahimovic

Roma: Doni, Casetti, Mexes, Juan, Riise (Tonetto 78), Aquilani (Okaka 88), De Rossi, Pizzaro, Baptista, Perrotta (Totti 84), Vucinic. (sumber : detikSport)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts