Pages

Wednesday, January 14, 2009

Persibo Vs PPSM Pesta GOL 6-0

Persibo Bojonegoro benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai salah satu tim yang patut disegani. Pada leg pertama babak 24 besar Piala Indonesia di Stadion Wilis Madiun, Selasa (13/1/2009) Persibo pesta gol ke gawang PPSM Sakti Magelang. Dengan begitu, Persibo Bojonegoro yang pada babak 48 besar menaklukkan Arema Malang itu berpeluang lolos ke babak 12 besar. Hanya keajaiban yang bisa membuat langkah tim asal Kota Ledre tersebut terjegal.

Pasalnya, kekalahan lima gol tanpa balas melawan PPSM, yang baru saja meraih posisi runner-up Divisi I, merupakan hal yang rasanya sulit terjadi. Selain Persibo merupakan tim Divisi Utama, dari segi materi pemain, tim pujaan Boromania itu masih setingkat di atas lawannya.

Sejak pertandingan dimulai, Persibo Bojonegoro langsung menekan pertahanan PPSM Magelang. Tidak membutuhkan waktu lama atau pada menit ke-5, gawang PPSM Magelang yang dijaga kiper Didik Wisnu sudah kebobolan. Adalah pemain tengah Persibo Bojonegoro Iswandi Dai yang mencetaknya melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Tertinggal satu gol, PPSM Magelang tidak mengubah permainannya menjadi menyerang. Akhirnya pada menit ke-26, gol kembali dilesakkan oleh penyerang Varney Pas Boakay. Selang enam menit dari gol kedua, giliran penyerang Samsul Arif yang mencetak gol.

Pada babak kedua, permainan PPSM tidak membaik, sering salah umpan, salah mengontrol bola, dan tidak mengawal pemain lawan dengan baik. Kelemahan PPSM ini dimanfaatkan Persibo untuk terus menekan pertahanan PPSM dan mencetak tiga gol lagi pada babak kedua.

Gol keempat dicetak kembali Varney Pas Boakay pada menit ke-65 yang kemudian selang lima menit setelah gol itu , giliran Samsul Arif yang mencetak gol lagi. Gol terakhir Persibo dicetak pemain penyerang pengganti Samsul Arif, Arif Kurniawan sepuluh menit sebelum pertandingan usai.

“Kami sangat bersyukur dengan kemenangan ini. Minimal, ini jadi bekal penting menghadapi second leg nanti. Kami belum bisa bergembira dulu karena segala kemungkinan masih bisa terjadi,” tutur Sartono seusai pertandingan.

Dia juga memuji penampilan anak asuhnya yang tak menganggap remeh PPSM. “Permainan anak-anak berkembang sekali sehingga mereka bisa mencetak gol banyak,” ujarnya.

Hasil ini jauh di luar perkiraan kubu tamu. Manajer PPSM Kusmartono mengaku, tak menyangka jika timnya akan kalah dengan skor telak.

“Prediksi awal saya, kalaupun kalah, pasti tidak lebih dari tiga angka. Tapi kenyataan di lapangan malah kami kalah telak. Gol yang tercipta pun semuanya berkelas. Tidak ada sama sekali kesan adanya permainan,” tukas Kusmartono.

Kekalahan ini, lanjut Kusmartono, lebih disebabkan perbedaan kualitas permainan yang jauh antara Persibo dengan PPSM. Menurutnya, secara individu maupun kolektivitas tim, Laskar Angling Dharma -julukan Persibo- memang jauh lebih baik.

“Sejak pertandingan dimulai mereka langsung tampil menggebrak. Permainan cepat yang mereka terapkan sama sekali tidak mampu kami imbangi. Anak-anak sudah berusaha maksimal untuk mengimbangi permainan Persibo. Tapi apa daya, kualitas mereka dua tingkat di atas kami,” sebutnya.

Selisih angka yang cukup jauh diakui Kusmartono membuat tim asuhan Widiyantoro akan sulit mengejarnya. Meskipun mereka masih punya kesempatan, yaitu pada leg kedua nanti yang akan digelar di Stadion Abu Bakrin Magelang, Sabtu 17 Januari. “Di leg kedua nanti, kami akan mencoba tampil lebih bagus dibanding saat ini. Minimal, kami bisa mengimbangi permainan mereka,” harap Kusmartono. (bbs)

Data dan Fakta Pertandingan
Pemain
Persibo : 27 Dwi Adi Nugrahanta (GK), 13 Akhmad Aries Tuansyah, 22 Morris Power Bayour (23 Fadli Sanusi 82′), 88 Nurhidayat (28 Yonas Sineren 69′), 6 Muhammad Hamzah, 15 Iswandi Da’i, 18 M. Gani Pulhele, 10 Abel.C.Quioh, 8 Rosta, 9 Samsul Arif (17 Arif Kurniawan 75′), 7 Varney Pas Boakay
Cadangan : 1 Hery Prasetyo, 4 Agusmanto, 17 Arif Kurniawan, 28 Yonas Sineren, 23 Fadli Sanusi, 2 Novan Setia Sasongko, 29 Supriyadi

PPSM : 21 Didik Wisnu (GK), 26 Taryono (8 Supri A 58′), 23 Eko Prasetyo (11 Adi Cahyadi 73′), 5 Purwanto (2 Paryanto 29′), 16 Dwi Kristianto, 20 Dian Kristianto, 19 Jerry Kasalang, 19 Nur Rohman, 24 Dedik Susanto, 10 Toris Nugroho
Cadangan : 25 Priyono, 12 Eko Wijayanto, 22 Choirul Umam, 8 Supri A, 11 Adi Cahyadi, 2 Paryanto

Kartu Kuning : 5 Purwanto 8′ (PPSM), 23 Eko Prasetyo 49′ (PPSM)
Kartu Merah : -
Wasit : Armando Pribadi








0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 

Iklan

Daily Calendar