Pages

Monday, January 19, 2009

0 PPSM vs Persibo 3 : Melangkah Mulus

Persibo Bojonegoro kembali menunjukkan tajinya. Meladeni tuan rumah PPSM Sakti Magelang pada leg kedua babak 24 besar Copa Indonesia, tim polesan Sartono Anwar itu memetik kemenangan tiga gol tanpa balas di Stadion H Abu Bakrin Magelang.

Dengan hasil tersebut, Persibo melenggang mulus ke babak 16 besar Copa Indonesia dengan agregat gol 9-0. Sebab, pada leg pertama lalu, Persibo menggelontor PPSM dengan enam gol tanpa balas. Bagi Persibo, lolos ke babak 16 besar merupakan rekor baru. Sebelumnya mereka hanya mampu menembus 32 besar Copa Indonesia.

Dalam laga yang sempat dibasahi oleh hujan itu Persibo lebih banyak menekan tuan rumah. Dominasi mereka di lini tengah membuat bola lebih sering beredar di wilayah permainan PPSM, yang semua pemainnya lokal.

Kemenangan tiga gol tanpa balas di laga kemarin juga mempunyai arti tersendiri bagi striker Samsul Arif. Sebab, dia mampu menyumbang satu gol di menit ke-42. Sebiji gol itu memantapkan posisinya di jajaran top scorer papan atas Copa Indonesia dengan donasi enam gol. Sementara dua gol lainnya diceploskan Nurhidayat pada menit ke-77 dan Abel Cellow Quioh di menit ke-88.

Meski posisinya berada di atas angin untuk lolos ke 16 besar Copa Indonesia, Persibo kemarin tetap menurunkan skuad tim utama. Kapten tim Iswandi Da’i dan gelandang Morrys AP Bayour serta Abel Cellow Quioh alias Yellow dipasang untuk mensuplai bola kepada duet Vorsa, yakni Varney Pas Boakay-Samsul Arif.

Dengan komposisi lini tengah dan depan seperti itu, tim tuan rumah kesulitan untuk mengimbangi permainan Persibo. PPSM dipaksa bertahan di babak pertama.

Meski tampil ofensif, Persibo kesulitan mencetak gol. Beberapa peluang emas yang didapat dibuang percuma. Seperti halnya peluang Samsul setelah menerima umpan silang dari Yellow di menit ke-22. Tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Didik Wisnu, tendangan Samsul justru melenceng ke sisi kanan gawang lawan.

Juga peluang Samsul di tiga menit berikutnya. Seusai menerima umpan dari Varney, dia melakukan aksi solo run melewati dua pemain lawan dan kembali tinggal berhadapan dengan Wisnu. Namun, tendangan Samsul melesat ke atas mistar gawang.

Pemain mungil itu akhirnya menebus kesalahannya di menit ke-42. Setelah menerima umpan dari Sumardi di sayap kiri, Samsul sukses melewati dua pemain belakang lawan. Tendangan keras menyusur tanah dia mampu memperdayai kiper lawan.

Memasuki babak kedua, Persibo tetap menampilkan permainan menyerang. Untuk menambah daya gedor, pelatih Sartono menarik Samsul dan diganti Nurhidayat pada menit ke-69. Strategi tersebut membuahkan hasil. Delapan menit masuk ke lapangan, Nurhidayat mampu menggandakan kemenangan Persibo menjadi 2-0. Gol itu tercipta setelah dia memanfaatkan bola muntah hasil tendangan keras M Hamzah yang gagal ditangkap Didik Wisnu dengan sempurna.

Unggul 2-0, pemain Persibo tak mengendurkan serangan. Dua menit menjelang bubaran, Yellow menutup kemenangan Persibo menjadi 3-0. Gol pemain asing ini cukup indah. Dengan skillnya, Yellow membawa bola dari lapangan tengah ke sektor kiri pertahanan lawan. Selanjutnya, dia melewati dua pemain belakang lawan dan tinggal berhadapan dengan Wisnu. Setelah itu, Yellow dengan tenang mengecoh penjaga Wisnu dan sekaligus menceploskan bola ke jala gawang PPSM.

Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha menyambut gembira kemenangan pasukannya. Menurut dia, seharusnya Persibo bisa menang dengan selisih gol lebih besar lagi. Hujan yang menguyur stadion dianggap menjadi penghalang Iswandi Da’i dkk untuk menang besar. “Hujan membuat lapangan licin.Selain itu kondisi lapangan yang tidal layak juga menyulitkan anak-anak. Namun, alhamdulillah semua bisa diatasi,” katanya lega. (ade)

Data dan Fakta Pertandingan
Pemain
Persibo : 1. Hery Prasetyo (GK), 13. Akhmad Aries Tuansyah, 18. M. gani Pulhele, 28. Yonas Sineren (6. Muhammad Hamzah 60′), 4. Agusmanto, 22. Morris Power Bayour (23 Fadli Sanusi 83′), 3. Ahmad Sumardi, 15. Iswandi Da’i, 10. Abel.C.Quioh, 9. Samsul Arif (88. Nurhidayat 67′), 7. Varney Pas Boakay

Cadangan : 27. Dwi Adi Nugrahanta, 17. Arif Kurniawan, 88. Nurhidayat, 6. Muhammad Hamzah, 8. Rosta, 23 Fadli Sanusi, 2 Novan Setia Sasongko

PPSM : 21 Didik Wisnu (GK), 24. Dedik Susanto (11. Adi Cahyadi 73′), 23. Eko Prasetyo, 3. Jerry Kasalang, 19. Nur Rohman, 16. Dwi Kristianto (5. Purwanto 45′), 20. Dian Kristianto, 8. Supri A., 12. Eko Wijayanto, 26. Taryono

Cadangan : 25. Priyono, 22. Choirul Umam, 5. Purwanto A, 2. Paryanto, 11. Adi Cahyadi

Kartu Kuning : 18. M. Gani Pulhele Purwanto 19′(Persibo)
Kartu Merah : -
Wasit : Aeng Suarlan
(Sumber : Radar Bojonegoro)








0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 

Iklan

Daily Calendar