Pages

Monday, May 17, 2010

Inter Juara Seri A : Double Winner





Siena - Inter Milan menobatkan dirinya sebagai juara Seri A musim ini setelah mengalahkan Siena 1-0. Tampil sebagai pahlawan La Beneamata adalah striker asal Argentina, Diego Milito.

Inter sempat dibuat frustrasi oleh tuan rumah Siena. Pasalnya di babak pertama, laga yang digelar di Stadio Franchi, Minggu (16/5/2010) ini berkesudahan 0-0. Sementara pesaing utama Javier Zanetti dkk. dalam perebutan gelar yakni AS Roma sudah unggul 2-0 atas Chievo.

Inter memastikan scudetto berkat gol tunggal Milito di babak kedua. Kemenangan ini membawa tim "Biru-Hitam" mengakhiri musim dengan poin 82, unggul dua angka dari Roma. Gelar juara kali ini merupakan yang ke-18 yang berhasil dibukukan oleh Nerazzuri. Gelar ini sekaligus menjadikan pasukan Jose Mourinho meraih double di musim ini setelah sebelumnya menjuarai Coppa Italia. Inter masih punya satu kesempatan lagi untuk meraih trofi yakni di Liga Champions, di mana babak final akan digelar pada Sabtu pekan depan.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berusia enam menit, Albin Ekdal yang berhasil mengecoh pengawalan dari Lucio berhasil melepaskan tembakan. Namun masih melenceng di sisi kiri gawang Inter yang dikawal Julio Cesar.

Menit ke-14, giliran Inter yang mengancam. Menerima umpan dari sayap kanan yang dilepaskan Maicon, Mario Balotelli yang berposisi di sebelah kanan gawang Siena melepas tembakan datar yang diarahkan ke tiang jauh. Namun upaya pemain nomor 45 itu masih melenceng.

Tak lama berselang giliran Diego Milito yang melancarkan serbuan ke gawang Siena. Pemain Argentina itu sukses memanfaatkan situasi kala kiper Gianluca Curci mencoba maju untuk menutup gerakannya. Tendangan Milito mengarah ke gawang kosong, namun bola masih melenceng.

Milito kembali menghadirkan ancaman saat laga berusia 22 menit. Menerima umpan dari tandukan kepala Mario Balotelli, pemain eks Genoa itu melakukan heading yang selanjutnya digagalkan oleh Curci. Bola kembali jatuh ke Milito dan langsung melepaskan tendangan yang kali ini digagalkan oleh pemain belakang Siena.

Samuel! Lima menit berselang tandukan pemain belakang Nerazzuri ini, memanfaatkan situasi sepak pojok, juga masih melayang di atas gawang tuan rumah.

Aksi Curci kembali mementahkan serbuan Inter ketika laga menginjak menit ke-30. Kali ini kiper bernomor 85 itu mem-blok tandukan Marco Materazzi.

Meski dalam kondisi ditekan, namun tuan rumah berhasil mencuri peluang tujuh menit berselang. Sepakan Massimo Maccarone berhasil dimentahkan oleh Julio Cesar.

Setelahnya, peluang Inter untuk menembus gawang Siena kembali kandas. Kali ini tendangan Balotelli menghantam mistar gawang.

Dua menit menuju jeda, peluang La Beneamata kembali terbuang. Tendangan pojok yang dilepaskan oleh Wesley Sneijder disambut oleh Samuel yang tidak mendapatkan pengawalan. Namun tandukan defender asal Argentina itu masih melambung di atas gawang Siena.

Tujuh menit selepas turun minum, Milito memiliki dua peluang bagus untuk menjebol gawang Siena. Tendangan keras pemain bernomor 22 itu gagal menembus sasaran dan hanya berbuah sepak pojok. Selanjutnya dari situasi corner kick, tendangan pemain berusia 30 tahun itu masih melambung.

Usaha Inter berbuah positif ketika pertandingan berusia 55 menit. Milito yang sejak tadi upayanya selalu kandas, berhasil menjebol gawang Siena.

Pemain Argentina itu mengawali aksinya dengan menembus sisi kiri kotak penalti Siena. Selanjutnya dia melepaskan tembakan datar ke arah tiang jauh yang gagal dibendung kiper Siena Gianluca Curci. Ini merupakan gol ke-22 yang dibukukan oleh pemain bernomor punggung 22 itu di Seri A.

Siena berusaha untuk mengejar ketinggalan. Tendangan jarak jauh yang dilepas Jajalo di menit ke-71 masih belum memaksa Julio Cesar untuk berjibaku menggagalkannya.

Unggul 1-0 belum membuat Inter puas. Serangan terus dilancarkan oleh tim Biru Hitam. Dalam tempo kurang dari semenit, pasukan Jose Mourinho dua kali membukukan peluang bagus.

Yang pertama didapat oleh pemain pengganti Dejan Stankovic. Namun sepakannya masih menerpa mistar gawang. Selanjutnya giliran kerjasama Pandev-Milito yang masih bisa digagalkan oleh Curci.

Tiga menit menuju bubaran, sebuah kesalahan dilakukan oleh kiper Julio Cesar. Tangkapannya ketika memotong bola silang yang dilepas pemain tuan rumah tidak sempurna. Beruntung tidak ada pemain Siena yang memanfaatkan kesalahan itu.

Susunan Pemain

Siena: Curci; Cribari (Brandao 46'), Terzi, Del Grosso, Rosi, Ekdal, Vargassola, Codrea (Reginaldo 81'), Ghezzal, Jajalo, Maccarone (Calalo 54')

Inter: Julio Cesar; Samuel, Materazzi, Zanetti, Maicon, Motta (Pandev 54'), Cambiasso, Milito, Sneijder (Chivu 72'), Eto'o, Balotelli (Stankovic 57')


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 

Iklan

Daily Calendar