Pages

Monday, August 30, 2021

IbM : Digitalisasi Proses Pengembangan Usaha Kuliner dalam Pemasaran di Dunia Internet Marketing

Sabtu, 28 Agustus 2021 bertempat di Balai Desa Selojari, Kec. Klambu, Grobogan pelatihan pengelolaan web e-commerce e-selojari.com dilaksanakan dengan tim pemateri dari Dosen Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang Progdi. Teknik Informatika S1 & D3, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Progdi. Akuntansi. Dengan TIM pemateri berikut ini:
  • Ajib Susanto, M.Kom
  • Christy Atika Sari, M.Kom
  • Hayu Wikan Kinasih, SE, M.Si
  • Dimas Irawan Ihya' Ulumudin, S.Sn, M.Kom
  • Eko Hari Rachmawanto, M.Kom
  • Ibnu Utomo W.M, M.Kom

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dibuka oleh Kepala Desa Selojari Ibu Ummu Wastiyah, memberikan pesan kepada peserta untuk melaksanakan pelatihan dengan sungguh dan memotivasi pemuda dan pelaku UMKM desa untuk terus berkarya dan mengembangkan usaha di desa Selojari.

Materi E-Commerce dan Marketplace Materi sesi pertama adalah pelatihan E-Selojari.com meliputi :

  • Halaman Admin
  • Halaman Pengguna

Halaman admin meliputi menambah kategori, produk baru, mengecek pesanan, mengecek pembayaran, mengubah status pesanan sesuai dengan dari awal order, pembayaran dan pengiriman produk ke konsumen.

Sedangkan untuk halaman pengguna, mencoba registrasi, melakukan pesanan produk, melakukan pembayaran dan mengecek status perubahan produk yang di pesan sampai dengan produk yang dibeli sampai dan melakukan persetujuan bahwa produk sudah diterima.

Materi Desain Kemasan

Materi sesi kedua adalah pelatihan membuat desain kemasan dari produk UMKM yang sudah dihasilkan, disamping teori desain kemasan yang dijabarkan juga melakukan praktek langsung desain kemasan dengan aplikasi Canva di smartphone.

Materi Akuntansi/Pembukuan

Materi sesi ketiga adalam pelatihan Akuntansi/Pembukuan, peserta diberikan teori dan praktek dalam menentukan harga pokok penjualan dari berbagai komponen dalam memproduksi produk sehingga didapatkan harga pokok penjualan yang sudah dihitung keuntungan dan pajak UMKM. Peserta diajarkan menggunakan aplikasi akuntansi untuk UMKM berbasis web yang dapat langsung dilakukan oleh peserta.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dari jam 09:00-16:00 yang dihadiri juga oleh peserta PKKP Kabupaten Grobogan dan pemuda-pemudi Desa Selojari yang sangat antusias, diskusi yang menarik dan dilanjutkan juga dengan kegiatan pameran produk PKKP dan produk UMKM Desa Selojari sekaligus proses awal untuk promosi hasil produk UMKM.

Dokumentasi kegiatan :

1 comments:

Popular Posts