Pages

Saturday, November 28, 2020

SEMNASIF 2020 : Best Presenter Room#6

Best Presenter SEMNASIF 2020 Room 6

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) merupakan aktifitas rutin yang diadakan setiap tahun oleh Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta. Jurusan Teknik Informatika telah rutin melaksanakan seminar nasional ini sejak tahun 2008. Seminar biasanya diikuti oleh praktisi dari berbagai industri dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Tahun ini Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Yogyakarta kembali menyelenggarakan SEMNASIF dengan mengambil tema “Peran Digital Society dalam Pemulihan Pasca Pandemi”. Dikarenakan adanya pandemi, pada tahun ini SEMNASIF 2020 akan diselenggarakan secara daring.

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia sejak akhir tahun 2019 lalu telah menjadi perhatian dari berbagai pihak, tidak hanya di Indonesia, namun secara global. Dengan adanya pandemi ini, masyarakat seolah “dipaksa” untuk beradaptasi dengan keadaan maupun pola hidup baru yang konsekuensinya tidak diragukan lagi akan berdampak signifikan pada perkembangan masyarakat global di masa depan. Tak dapat dipungkiri lagi juga bahwa akan ada beberapa akibat yang bertahan lama hingga pasca pandemi nanti. Dalam seminar ini, peserta diharapkan memperoleh pemahaman tentang konsep dan implementasi digital society yang saat ini dan nanti akan berperan besar bagi pemulihan pasca pandemi. Fakta sederhana yang mulai kita rasakan sebagai contoh: ke depannya, seluruh proses bisnis yang dapat dilakukan secara online akan dilakukan secara online. Secara tidak langsung pandemi ini telah memaksa perubahan sosial dari interaksi fisik ke interaksi digital dengan jumlah peningkatan aktifitas digital yang sangat pesat. Sehingga, tanpa disadari hal ini akan mempercepat kebangkitan terminologi digital society secara global. Digital society sendiri jika diartikan adalah sekumpulan masyarakat yang secara aktif memiliki keterkaitan yang erat dengan komunikasi secara digital. Kumpulan masyarakat inilah yang mewakili pergeseran tren masyarakat dari yang masih bergantung dengan interaksi fisik menuju kehidupan yang semakin digital.

Dengan adanya pandemi, kegiatan masyarakat untuk berkumpul secara massal maupun bepergian jarak jauh dibatasi. Hingga saat ini, beberapa industri maupun perkantoran ditutup dan para pekerjanya telah dipaksa untuk bekerja dari rumah masing-masing. Kedepannya, saat pandemi mereda dan pembatasan yang dimandatkan pemerintah berlalu, dapat dipastikan bahwa kebiasaan selama pandemi dapat menyebabkan perubahan budaya. Contohnya, bekerja tidak perlu datang secara fisik ke kantor, rapat tidak perlu hadir dan berkumpul dalam satu ruangan, yang tak lain menciptakan budaya baru di Indonesia khususnya, yaitu digital society. Selama pandemi, media komunikasi dan kolaboratif telah semakin berkembang dan diterapkan untuk mendukung desentralisasi skala besar. Contohnya dukungan perangkat lunak pertemuan daring Zoom untuk bekerja/rapat, dan Google Classroom untuk mendukung siswa belajar dari rumah.

SEMNASIF 2020 yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Informatika kali ini diharapkan akan dihadiri banyak pihak mulai dari akademisi, praktisi, industri, developer IT, pemerintahan, sampai dengan stakeholders (end user). Selain itu seminar ini diharapkan dapat menjadi media pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan terutama berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh akademisi. Permasalahan yang didiskusikan adalah terkait dengan digital society di masa pandemi dan pasca pandemi secara khusus, dan berbagai implementasi hal yang bersifat konseptual hingga teknis mengenai teknologi informasi di Indonesia. Perspektif yang berbeda dari banyak pihak diharapkan dapat dikomunikasikan dan ditarik suatu pengetahuan dan wacana baru di era digitalisasi sehingga di masa pandemi hingga pasca pandemi nanti Indonesia dapat mengimplementasikan kebiasaan baru yang serba digital yang menawarkan berbagai kemudahan dalam berbagai bidang(Sumber : CFP).

#semuanyaajib

1 comments:

  1. This weblog is still pretty new and I'm working to build up some great content for you! Feel free to check out|to take a look at} my 3D printer evaluations at Tom's Hardware. Cycle Clothing Like Thingiverse, fashions may be addContent by any designer of any skill stage. Unlike Thingiverse these fashions may be supplied at no cost or for sale. It is free to affix the My Mini Factory neighborhood as a customer/user which allows you to|which lets you} save files in collections. Community units Thingiverse aside from different file sharing sites.

    ReplyDelete

Popular Posts

 

Translate

My Calendar