Pages

Friday, November 22, 2013

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KUNCI ELEKTRONIK PADA LOCKER DENGAN MEDIA BLUETOOTH

Abstract

Saat ini fasilitas yang disediakan oleh ponsel sangat beragam. Mulai dari telepon, SMS, kamera,  music player, semuanya dijadikan satu. Tentunya ponsel juga dapat dijadikan sebagai kunci elektronik menggantikan kunci analog atau manual yang ada saat ini. Biasanya untuk membuka sebuah kunci pintu seseorang harus menggunakan sebuah anak kunci, jadi untuk mengakses banyak pintu harus memiliki banyak anak kunci yang berbeda-beda. Namun jika ponsel dijadikan sebagai kunci elektronik yang menerapkan access controltentunya semua anak kunci tersebut tidak dibutuhkan lagi, cukup dengan satu ponsel dapat membuka banyak kunci. 
Penelitian ini bertujuan untuk merancang kunci elektronik yang menggunakan ponsel sebagai remote kontrol, dan komputer sebagai pusat  pengontrolnya. Komunikasi antara ponsel dan komputer menggunakan bluetooth.  Sedangkan yang berfungsi sebagai kuncinya berupa motor stepper yang dihubungkan melalui parallel port  komputer. Sistem kunci elektronik ini menerapkan Access Control dengan menggunakan enkripsi Hashing MD5.
Rancangan ini dapat menggerakkan  motor stepperyang berfungsi sebagai kunci elektronik dengan menggunakan ponsel, dan hanya orang-orang yang telah terdaftar serta memiliki hak akses saja yang bisa menggerakkan motor stepper tersebut. Modul-modul rancangan ini dibuat dengan menggunakan NetBeans IDE 6.1 dan basis data MySQL, dengan beberapa library tambahan. Library  yang dibutuhkan adalah netbeans mobility 6.1, mysql-connector-java-3.0.9, BlueCove, Bluelet-Benhui.Dan Ponsel yang digunakan harus mendukung Java MIDP 2.0 dan JSR-82.

Kata Kunci : Kunci Elektronik, Motor Stepper, Bluetooth, Ponsel, Parallel Port, Access Control,
Hashing MD5

Download jurnal.




0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 

Iklan

Daily Calendar