Pages

Friday, November 22, 2013

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MOBILE SIADIN (M-SIADIN) PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO BERBASIS J2ME

Abstract 

Dengan tekhnologi “write once run everywhere” aplikasi-aplikasi semacam mobile devices dapat ikembangkan dalam Java. Java 2 Micro Edition (J2ME) digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada perangkat semacam telepon genggam, PDA (Personal Digital Assistance) Palm, dan poket PC. 
Informasi akademik sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa dimanapun dan kapanpun, mahasiswa selalu mengakses informasi setiap saat menggunakan fasilitas yang ada pada universitas tersebut melalui akses internet maupun intranet berdasarkan statistik pada url mahasiswa.dinus.ac.id yang diakes pada tanggal 16 Juni 2009, akses informasi mahasiswa empat tahun terakhir dari tahun 2006 adalah 4.7%, pada tahun 2007 adalah 11.5%, pada tahun 2008 adalah 36.4%, sedangkan tahun 2009 mencapai 47.8% [2] hal ini menunjukkan semakin meningkatnya akses informasi mahasiswa per tahun. Namun keterbatasan fasilitas intranet yang disediakan dan biaya yang dibutuhkan untuk akses internet menjadi kendala bagi mahasiswa untuk mengakses informasi tersebut.  
Metode pengembangan sistem menggunakan Rational Unified Process (RUP) dengan dimensi : Business Modeling Requirement, Analysis and Design, Implementation, Test, Deployment Configuration and Change Manegement, Project Management, Environtment. 
Penelitian ini bertujuan untuk membangun mobile SIADIN (M-SIADIN) berbasis J2ME pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang yangdapat mengakses informasi mahasiswa melalui handphoneyang memiliki dukungan Java Platform MIDP 1.0 dengan biaya yang lebih murah dan memilikikecepatan akses yang lebih tinggi 

Download jurnal.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 

Iklan

Daily Calendar